search engine ask

Ask Jeeves

Home > Internet > Bearkhirnya search engine Ask.com

Bearkhirnya search engine Ask.com

November 13th, 2010 Leave a comment Go to comments

search engine AskCalifornia – Hari ini (10/11-2010) adalah hari terakhir search engine Ask.com sebagai layanan mesin-pencari. Website mesin pencari yang dulunya adalah salah satu terbesar di dunia ini kini merelakan para pegawainya untuk pindah ke Google dan Microsoft.

Website search engine Ask.com, yang dulunya dikenal dengan Ask Jeeves, dulunya adalah website situs pencari yang paling dikenal. Diluncurkan pada tahun 1996 dan dengan cepat berkembang. Di era puncak popularitasnya, search engine Ask.com telah menjawab dua juta pencarian per harinya. Maskot dari website ini, Jeeves the Butler, dikenal oleh banyak orang. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (10/11/2010).

Pada tahun 1999, perusahaan tersebut melakukan Initial public offering (IPO) dan segalanya terlihat cukup baik, di saat dimana era internet dot com mulai populer. Lalu beberapa tahun berlalu, search engine Ask.com kalah bersaing dengan Google. Market share serta teknologi mereka stagnan sampai akhirnya dibeli oleh konglomerat internet InterActiveCorp (IAC) sebesar USD1,85 miliar pada tahun 2005.

Lima tahun kemudian, IAC juga belum menemukan cara agar search engine Ask.com bisa bersaing dengan para pesaingnya. Menurut layanan berita keuangan Bloomberg, IAC akan menghentikan pekerjaan dari 130 pegawainya di New Jersey dan China, untuk menghentikan pengembangan teknologi pencarian algoritmik mereka, dan kembali fokus pada layanan Question dan Answer (Q&A) yang sudah diluncurkan pada musim panas kemarin.

Doug Leeds, president dari search engine Ask.com mengatakan bahwa Ask.com akan menghadirkan hasil pencarian dari salah satu kompetitornya, tidak sama seperti perjanjian Microsoft-Yahoo untuk pencarian yang dilakukan tahun lalu. IAC sebelumnya sudah memiliki perjanjian dengan Google, akan tetapi Microsoft telah dengan gesit menemukan cara untuk memperluas market-share dari Bing.

Search engine Ask.com yang dimiliki oleh IAC ini masih merupakan salah satu destinasi utama di internet dan revenue nya telah naik 20 persen sampai USD205 juta pada tahun lalu. Pada pasar search-engine yang sangat ketat, Ask.com tidak kuat melawan para pesaingnya yang secara konstan selalu meluncurkan fitur-fitur baru.

Ask.com dan Ask Jeeves mewakili semangat dari era Web 1.0. Karena hari ini search engine Ask.com mengakhiri layanan mesin pencarinya, maka pasar search-engine kini jelas milik Google dan Microsoft.

Source: Ask.com –  Search Engine Ask Akhiri Layanan Mesin Pencarinya

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.