cara install Wordpress

installing Wordpress

Home > Wordpress > Cara install WordPress

Cara install WordPress

November 13th, 2011 Leave a comment Go to comments

Cara install WordPressBerkaitan dengan posting sebelumnya tentang membuat Subdomain, kali ini yang dibahas dalam artikel singkat ini adalah cara install WordPress pada domain baru ataupun pada Subdomain. Install WordPress bisa dilakukan pada domain baru langsung dihalaman utama ataupun pada Subdomain. Proses install nya sama saja, hanya direktori tempat file – file nya saja yang berbeda.

Menginstall WordPress bisa dilakukan dengan cara manual yakni dengan mengupload satu – satu file WordPress nya atau langsung dari fasilitas Fantastico De Luxe atau Softaculous yang ada di halaman Control Panel hosting anda.

Petunjuk singkat cara install WordPress

Install WordPressSilahkan login ke halaman Control Panel web hosting anda yang biasanya memiliki alamat: http://domainanda.com/cpanel, kemudian pada row kedua dari bawah akan ada icon dan tulisan Fantastico De Luxe atau Softaculous. Tergantung fasilitas hosting, mereka menyediakan Fantastico De Luxe atau Softaculous. Pilih Fantastico De Luxe.

Pada halaman Fantastico De Luxe, pilih WordPress.

Selanjutkan masukkan data – data yang diminta sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk pilihan Install on Domain, masukkan domain yang kita inginkan. Apakah ingin di install di domain utama (namadomain.com) atau di subdomainnya. Seperti dalam contoh dibawah, saya ingin menginstall WordPress di subdomain dengan nama test.jeges.info. Untuk isian Install in directory dikosongkan saja. Untuk Admin access data, masukkan sesuai dengan yang kita inginkan. Data ini perlu di ingat karena diperlukan nantinya supaya bisa masuk ke halaman Admin blog WordPress yang dibuat. Jika semua data sudah dimasukkan dengan benar seperti contoh pada gambar, silahkan tekan Install WordPress.

Petunjuk cara installing WordPressHalaman berikutnya hanya tinggal konfirmasi, silahkan klik Finish Installation. Pada halaman berikutnya, kita bisa mengirimkan email pemberitahuan tentang install WordPress ini ke email yang kita inginkan. Masukkan alamat email kemudian klik Send E-mail dan proses install WordPress anda sudah selesai.

Untuk melihat halaman standard WordPress yang kita install, silahkan buka halaman blognya. Tergantung dimana installing WordPress nya dilakukan, apakah di domain utama atau di Subdomain. Seperti dalam contoh diatas dibuat dalam subdomain: http://test.jeges.info, dan anda akan melihat halaman standar blog WordPress yang barusan di install.

Mudah – mudahan pentunjuk singkat cara install WordPress ini bermanfaat bagi anda.