Paulo Coelho

Paulo CoelhoSiapakah Paulo Coelho?

Aku pertama kali mengetahui nama Paulo Coelho dari novelnya yang sangat fenomenal Sang Alkemis. Bukan karena sudah tahu dari awal bahwa bukunya tersebut bagus, tetapi karena penasaran saja. Sepenggal kalimat dari novelnya yang membuatku penasaran “jika kamu memimpikan sesuatu, seluruh alam akan mendukungmu untuk menggapainya”. Ada quote lain juga yang sangat menarik buatku yakni: ”dimana hatimu berada, disitulah hartamu berada”. Novel ini sudah dipublikasikan ke banyak bahasa dan pertama kali dalam bahasa Inggris pada tahun 1993.

Setelah The Alchemist, beberapa buku Paulo Coelho yang lain aku baca juga seperti: Gunung Ke Lima (The Fifth Mountain), The Devil and Miss Prym, Eleven Minutes, The Zahir dan The Winner Stands Alone. Dari novel Paulo Coelho diatas yang paling aku suka adalah The Alchemist dan The Fifth Mountain. Yang paling tidak kusuka adalah Eleven Minutes dan lucunya buku ini hilang ketika aku dalam perjalanan dari Medan – Jakarta. Sudah setengah buku aku baca tetapi apa yang diceritakan didalam kurang menarik aku rasa. Barangkali sudah nasibnya itu buku tertinggal di pesawat waktu itu.

Pauolo Coelho lahir di Rio de Janeiro, Brazi l24 August 1947. Bakat menulisnya sudah mulai terlihat sejak dia kecil ketika dia bersekolah di sekolah Jesuit dimana waktu itu dia sudah memenangkan banyak lomba menulis. Tidak pernah orang tuanya membayangkan Paulo Coelho muda kelak akan menjadi seorang penulis karena mereka sangat berharap dia bisa menjadi seorang pengacara atau arsitek. Sebelum menjadi seorang penulis, Paulo Coelho bekerja sebagai pengarang lagu. Beberapa lagunya menjadi hits di Brazil pada waktu itu berkat kolaborasinya dengan musisi Brazil seperti Raul Seixas.

Buku pertama Paulo Coelho adalah Hell Archives terbit pada tahun 1982 dan Practical Manual of Vampirism, namun kedua buku ini gagal. Nama Paulo Coelho mulai ‘terdengar’ di dunia sastra sejak bukunya Sang Alkemis keluar tahun 1988. Terbit pertama kali dalam bahasa Portugis berjudul O Alquimista. Buku Sang Alkemis menjadi buku the best seller dengan terjemahan lebih dari 70 bahasa. Mendapatkan penghargaan dari Guinnes World Record sebagai buku paling banyak diterjemahan ke berbagai macam bahasa. Setelah sukses dengan buku tersebut disusul kemudian dengan mengeluarkan buku – bukunya yang lain yang hampir tiap tahun mengeluarkan judul baru. Brida (1990), The Gift (1991), The Valkyries (1992), Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis (1994), Gunung Kelima (1996), Love Letters from a Prophet (1997), Veronika Memutuskan Mati (1998), Iblis dan Nona Prym (2000), Fathers Sons and Grandsons (2001), Sebelas Menit (2003), The Genie and the Roses (2004), Zahir (2005), Like The Flowing River (2006), Life: Selected Quotations (2007), The Winner Stands Alone (2008), Aleph (2010). Secara keseluruhan buku Paulo Coelho sudah tersebar di lebih dari 150 negara dan sudah terjual lebih dari 100 juta buku.

Paulo Coelho juga sudah mendapatkan banyak penghargaan atas karya – karyanya. Goldene Feder Award (Jerman 2005), Golden Medal of Galicia ( Spanyol 1999), dan Distinction of Honour from the City of Odense (Denmark 2007) adalah beberapa diantaranya. Beberapa bukunya juga diadapatsikan menjadi acara televisi. Tahun 1998, televisi Brazil TV Manchete menayangkan sebuah miniseri dengan 52 episode berdaraskan bukunya yang berjudul ‘Brida’. Tahun 2009 bukunya ‘Veronika Memutuskan Mati’ juga dibuat menjadi film oleh Warner Bros.

Paulo Coelho adalah penulis yang sangat dekat dengan penggemarnya. Dia memiliki blog sendiri: Paulo Coelho Blog tempat dimana dia bisa berinteraksi dengan penggemarnya dari seluruh dunia dengan beragam pilihan bahasa. Paulo Coelho juga memiliki Fan Page dengan hampir 7 juta juga penggemar ( Nov 2011).

Written by Deonald

simple...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>