cara update Wordpress

cara upgrade Wordpress

Home > Wordpress > Cara update WordPress

Cara update WordPress

Melalui tulisan pendek kali ini akan dijelaskan bagaimana cara update WordPress dengan mudah. Setelah melakukan install WordPress, mengupdate WordPress secara berkala dengan versi yang terbaru sangatlah penting. Selain untuk mendapatkan fitur – fitur terbaru dari CMS WordPress itu sendiri dari versi yang terbaru, manfaat lain dari upgrade WordPress yang sangat penting adalah untuk menghindari blog/website akan celah keamanan yang mungkin ada di versi WordPress yang sebelumnya.

Update WordPressApabila blog/website yang kita daftarkan adalah blog Wordpres gratis, tentu kita tidak perlu ambil pusing untuk mengetahui bagaimana cara upgrade WordPress karena upgrade/update akan dilakukan secara otomatis. Kita perlu mengetahui bagaimana cara update Wordpres apabila CMS WordPress tersebut diinstall pada domain tersendiri.

Update WordPress secara otomatis bisa dilakukan dari halaman Dashboard WordPress. Apabila versi WordPress terbaru sudah tersedia, secara otomatis akan ada perintah untuk meng upgrade WordPress ke versi yang terbaru tersebut. Upgrade bisa dilakukan dengan mengklik link Automatically Update. Namun terkadang cara ini tidak berhasil karena settingan pada hosting ataupun karena koneksi yang kurang bagus. Cara update WordPress yang paling aman dan mudah adalah dengan melakukannya secara manual.

Petunjuk cara update WordPress secara manual

cara update WordPressPertama: Download file WordPress yang terbaru tersebut. Filenya akan dikompress dalam bentuk .zip dan bisa didapatkan secara gratis di halaman WordPress.org. Pada saat tulisan ini dibuat, versi terbaru WordPress adalah WordPress 3.3.1.

Kedua:  Login ke halaman hosting anda. Kemudian klik File Manager untuk masuk ke halaman File Manager.

Ketiga: Upload file WordPress terbaru yang sudah didownload sebelumnya dan kemudian extract. Upload bisa dilakukan di area public_html atau folder lain tidak masalah. Apabila upload dan extract dilakukan dengan benar maka di dalam folder atau public_html tersebut akan ada folder baru “wordpress”.

Keempat: Ketika membuka File Manager pada step kedua diatas, usahakan membuka File Manager  versi 3. Tergantung hostingnya, biasanya antara link ‘File Manager’ atau ‘Legacy File Manager’.  Pada File Manager versi 3, kita bisa melihat trees file dan folder blog kita disebelah kiri, layaknya trees file pada Windows Explorer.

Cara upgrade WordPressKelima: Buka folder ‘Wordpress’. Didalamnya akan ada banyak file dan folder WordPress yang sebelumnya sudah kita extract. Select semua file dan folder tersebut dan drag untuk memindahkannya ke folder public_html, layaknya seperti memindahkan file pada Windows Explorer. Tidak perlu takut, file dan folder yang ada di dalam public_html tersebut akan diganti dengan file/folder yang terbaru dari WordPress versi terbaru tersebut. Jika dilakukan dengan benar maka, file/folder yang ada didalam folder ‘wordpress’ tersebut akan kosong. Anda bisa menghapus folder tersebut setelahnya.

Keenam: Login ke halaman admin blog WordPress anda dan ikuti link Upgrade yang muncul. Jika berhasil maka dihalaman admin tersebut akan muncul versi terbaru dari WordPress yang barusan di update, seperti pada gambar.

Mudah – mudahan petunjuk singkat cara update WordPress ini bisa bermanfaat.

  1. August 2nd, 2013 at 17:31 | #1

    makasih gan infonnya moga bermanfaat…

  2. January 24th, 2014 at 11:14 | #2

    terimkasih bang nice share…langsung lancar web q

  1. June 26th, 2012 at 21:36 | #1