Archive

Archive for the ‘Indonesiaku’ Category

Sam Ratulangi

August 14th, 2010 4 comments

sam-ratulangiEnak juga hari ini bisa libur lagi. Setelah 28 hari yang melelahkan, sekarang waktunya untuk bersantai diri sejenak. Walaupun nanti pasti balik lagi bekerja, yah paling tidak bisa refeshing dulu. Tadinya harus berangkat jam 10.25 dari Sam Ratulangi, tapi krn twin otter dari Kobok terlambat berangkat, yah harus nunggu sampai jam 2 siang deh. Disinilah awak nulis postingan yang ini. Tapi untung juga, tetap bisa berangkat walaupun harus agak siang. Cuman nanti di Bandung bakal sampai kemalaman neh. Kupikir juga daripada harus menginap di Manado ga apa2 lah. Yang penting selamat sampai di Jakarta.

Deg – degan juga sih hari ini, soalnya cuaca di Manado sekarang agak kurang bagus, mana dari tadi hujan mulu. Trus apalagi lihat berita terakhir tentang Lion Air yang tergelincir di Jakarta kemarin. Yah, mudah – mudahan nanti sampai dengan selamat di Jakarta.

Sebagai salah satu bandara udara Internasional, sepertinya bandar udara Sam Ratulangi sudah perlu diperbaiki lagi. Bandaranya kelihatan kurang bersih, udah itu banyak yang merokok walaupun disitu ruangan ber-AC. Masalah budaya memang…. Yang menurutku penting juga adalah landasannya. Landasan pacunya dikelilingi perbukitan. Aku selalu ingat itu, kalau dari Jakarta mau mendarat di Manado, selalu pesawatnya harus mengitari perbukitan ini dulu. Kalau cuaca buruk, itu pegunungan ga akan kelihatan. Sering kalau mau mendarat di Manado trus kalau cuaca buruk, itu pesawat harus muter- muter dulu sampai landasan pacunya kelihatan. Mungkin benar juga harus muter-muter daripada dipaksain trus nabrak bukit, wah mudah2an jangan pernah lah…..

Tanggal 11 – 15 Mei 2009, rencananya akan diadakan World Ocean Conference (WOC) di Manado. Akan banyak duta asing yang bakal datang ke Mando. Cuman kalau melihat persiapan yang sudah dilakukan di bandara Sam Ratulangi, sebagai portal menuju Manado sepertinya tidak banyak yang berubah. Masih saja kelihatan seperti dulu. Palingan angkutan bandaranya (taksi) yang sudah bagus. Semua sudah yang baru-baru. Kalau ingat dulu, angkutan ini masih sangat kurang memadai. Lucu juga, katanya taksi tapi kelihatan kayak angkot. Tinggal 2 bulan lagi memang tapi banyak perbaikan yang bisa dilakukan dalam rentang waktu itu. Terutama masalah kebersihan sangat perlu diperhatikan. Tentunya semua ini perlu peran dan dukungan dari masyarakat Manado, terutama pengguna bandara Sam Ratulangi. Ini adalah satu kesempatan buat kita untuk menunjukkan wajah Indonesia yang lebih baik terutama Manado kepada negara lain. Semoga konferensinya nanti sukses….

Categories: Indonesiaku Tags: ,

Dies Emas ITB

August 13th, 2010 No comments
ITB

ITB

Beberapa waktu terakhir kabar dari ITB cukup banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Sebut saja 2 berita terakhir yang paling hangat. Dimulai dengan rencana pemberian gelar DR HC kepada SBY. Banyak yang protes akan pemberian gelar ini, terutama dari rekan – rekan alumni. Rencananya memang pemberian gelar ini akan dilakukan saat pesta 5o tahun ITB. Namun mengingat pemilu presiden yang akan datang sudah dekat, ada kecurigaan juga, seolah-olah pemberian gelar ini adalah semacam usaha politik dari beberapa orang untuk mendekatkan diri sama SBY. Ada udang dibalik batu, hehe… Hm, ada baiknya kalau memang jadi, pemberian gelar ini ditunda hingga selesai masa pilpres. Ada juga yang protes karena pemberian gelar ini sebaiknya diberikan kepada orang yang ‘lebih pantas’. Ujung- ujungnya memang pemberian ini ditunda higga selesai pilpres. SBY sendiri menganjurkan untuk menundanya.

Berita kedua yang lumayan heboh adalah kasus meninggalnya almarhum Dwiyanto Wisnugroho, mahasiswa jurusan Geodesy dan Geomatik angkatan 2007 pada saat acara kaderisasi Ikatan Mahasiswa Geodesi (IMG). Banyak pemberitaan di media yang bermacam – macam yang cukup membuat masyarakat geram akan kejadian ini. Kenapa tindak kekerasan masih ada di lingkungan pendidikan? Mau jadi apa generasi muda bangsa nantinya kalau toh masih seperti ini? Kalau kupikir, mungkin seperti itu pertanyaan masyarakat banyak. Selaku alumni yang pernah meraskan bagimana ospek, kegiatan kaderisasi IMG belakangan ini memang sudah jauh berbeda dibandingkan ketika aku masuk tahun 2001. Kalau banyak masyarakat menganggap kegiatan kaderisasi ini sama saja dengan ospek sebagaimana yang orang banyak pikirkan, kubilang  sih tidak. Konsep kaderisasi sekarang dengan dulu sudah banyak yang berubah.

Terlepas dari itu semua hari ini aku ingin mengucapkan selamat ulang tahun buat ITB, semoga makin jaya selalu. Semoga namamu makin harum diseantero dunia dan Indonesia pada khususnya. Aku rasa ini adalah tugas dari semua insan yang sedang dan pernah terlibat dengan ITB, termasuk alumni. Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater.

Categories: Indonesiaku Tags:

Horror 9 April

April 14th, 2009 No comments

logo2009Tanggal 9 April yang sudah lama ditunggu – tunggu akhirnya lewat sudah. Hari itu rakyat Indonesia ramai – ramai ketempat pencontrengan untuk memilih orang yang mereka percayai. Ya, ‘orang yang mereka percayai’. Nasib bangsa ini 5 tahun kedepan ditentukan hari itu. Siapa yang menentukannya, ya tentu semua rakyat Indonesia. Apakah mereka yang benar – benar ikut memilih, yang ‘ikut – ikutan’ memilih ataupun yang golput.

Tapi sungguh disayangkan, tenyata ada sekitar 40% rakyat Indonesia golput. Seperti yang dikatakan Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Bah, bagimana jadinya nasib bangsa ini 5 tahun kedepan kalau hampir setengah rakyat Indonesia sudah golput. Belum lagi banyaknya kecurangan – kecurangan dalam pemilu. Belum lagi anggota – anggota dewan yang salah pilih. Pernah aku dapat email dari teman, dia kasih judul ’demokrasi tidur’. Isinya gambar anggota dewan yang tidur lagi sidang. Ternyata kita memilih mereka untuk tidur rupanya. Siapa yang salah? Kita yang salah memilih atau kita yang terpaksa memilih orang yang seharusnya tidak pantas dipilih? Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih masih mau mengasihi negeri ini.

Categories: Indonesiaku Tags: ,